سعي المدرس لترقية مهارة الكلام بطريقة المحادثة لطلاب في مدرسة الثانوية الحكومية خمسة المدينة جامبي

Nurhalimah, Nurhalimah (2023) سعي المدرس لترقية مهارة الكلام بطريقة المحادثة لطلاب في مدرسة الثانوية الحكومية خمسة المدينة جامبي. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru untuk Meningkatkan Maharah Kalam dengan Metode Muhadatsah siswa kelas VII MTsN 5 Kota Jambi. keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa tergolong rendah. Dari hasil observasi awal juga diperoleh gambaran bahwa kesulitan yang dialami disebabkan karena siswa kurang antusias saat proses praktik berbicara. Latar belakang siswa kebanyakan dari lulusan Sekolah Dasar bukan dari Madrasah Ibtidaiyyah. Hal tersebut mempengaruhi motivasinya dalam belajar bahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: Manajemen dan psikologi adapun sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab, dan Siswa-siswi kelas VII MtsN 5 Kota Jambi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Lalu, tehnik pengelohan dan analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu: reduksi data, display data, analisis perbandingan, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, peran guru bahasa arab dalam mempelajari pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 5 Kota Jambi sudah berupaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini ada beberapa proses pembelajaran Bahasa Arab, yaitu: pembuatan silabus, pembuatan rencana pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Ada beberapa upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan Maharah Kalam melalui metode Muhadatsah bagi kelas VII C di MTsN 5 Kota Jambi, yaitu guru Bahasa Arab menyediakan materi, membuat metode pengajaran seperti taqdim (presentasi), Muhadatsah (percakapan), dan tamtsiliyyah (bermain peran) sehingga menjadi menarik untuk dipelajari, memberikan motivasi, melakukan strategi belajar untuk membantu peserta didik agar terampil dalam menggunakan strategi belajar yang baik dan sesuai dengan materi yang dipelajari.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:42
Last Modified: 16 Oct 2024 07:11
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item
View Item