Aliza, Nur (2023) Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Bungo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini membahas mengenai masalah rendahnya minat belajar siswa
pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
minat belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan
media audio visual pada pembelajaran tematik dikelas IV materi tentang beragam
perubahan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan
kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
instrumen lembar observasi yang dilakukan sebelum penelitian dan disetiap
pertemuan PTK, angket yang diberikan kepada siswa sebelum PTK dan diakhir
pertemuan siklus 1 serta dokumentasi yang duambil setiap pertemuan PTK. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar tematik pada siswa kelas
IV MIN 1 Bungo, hal ini terlihat dari hasil observasi yang meningkat dari observasi
siklus I mendapat skor sebesar 60,9. Sedangkan hasil observasi pada siklus II
mendapat skor sebesar 80,8. Serta diperkuat dengan hasil angket minat belajar
siswa yang meningkat dari awal sebelum PTK hanya mendapat skor 2,5, dan
meningkat pada pertemuan akhir siklus 1 dengan skor 3,1, dilanjutkan dengan
pertemuan siklus 2 dengan skor 4,1. Dengan hasil yang didapatkan sebelumnya
peneliti hanya dengan 2 siklus sudah terlihat jelas peningkatan yang cukup
signfikan, oleh karenanya peneliti menghentikan penelitian cukup dengan 2 siklus.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:17 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1421 |