PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SANTRI DI LUAR JAM PELAJARAN FORMAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH SELENSEN PROVINSI RIAU

Anjarsari, Puji Dwi (2023) PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SANTRI DI LUAR JAM PELAJARAN FORMAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DARUL ISTIQOMAH SELENSEN PROVINSI RIAU. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pendidikan, belajar merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk tercapainya tujuan pendidikan. Perubahan hasil belajar dapat ditunjukkan dalam bentuk adanya perubahan tingkah laku, pengetahuan, pemahaman, sikap, keterampilan, kecakapan, kebiasaan dan perubahan pada aspek lainnya yang terjadi pada individu yang belajar.Tujuan akhir dari proses belajar mengajar adalah adanya hasil atau perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, disamping untuk menyempurnakan pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya. Hasil belajar merupakan penentuan terakhir dalam rangkaian aktifitas belajar, berhasil tidaknya pembelajaran itu perlu diukur dengan melalui tes hasil belajar. pemanfaatan waktu belajar santri diluar jam pelajaran formal di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Selensen Riau. Untuk mengetahui bagaiamana pemanfaatan waktu belajar santri Pondok Pesantren Darul Istiqomah dalam meningkatkan hasil belajar santriMetode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Metode deskriptif merupakan metode penelitian yang menggambarkan mengenai situasi atau kejadian yang sedang terjadi pada saat sekarang, dengan didukung oleh fakta-fakta yang benar dan akurat.Secara pengetahuan santri yang menggunakan waktu luang mereka diluar jam formal untuk belajar kitab kuning sudah mampu mengetahui istilah-istilah, cara membaca dan metode untuk mempelajari kitab kuning. Dari segi pemahaman, pengetahuan, dan pengaplikasian , mereka sudah mampu menterjemahkan dan menafsirkan Bahasa Arab pada kitab kuning kedalam Bahasa Indonesia, dan memahami makna yang telah mereka terjemahkan, serta dapat mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari di dalam perlombaanHasil dari memanfaatkan waktu non formal untuk belajar kitab kuning yaitu dapat membentuk satri yang cerdas dan berprestasi kemudian juga membentuk kerpibadian yang mandiri serta disiplin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadia Rezky
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:20
Last Modified: 17 Oct 2024 05:23
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item
View Item