Arif, Samsul (2023) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEBIASAAN SHALAT BERJAMAAH BAGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU DARUSSALAM PAMENANG KABUPATEN MERANGIN. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis ini bertujuan dalam hal mempelajari peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan pembiasaan shalat berjamaah siswa di “SMK Islam Terpadu Darussalam Pamenang Kabupaten Merangin”. Sasaran khususnya adalah bagaimana siswa SMK Islam Terpadu Darussalam Pamenang Kabupaten Merangin dapat melakukan peningkatan pembiasaan shalat berjamaah, serta sasaran umum dari pembiasaan shalat berjamaah itu sendiri untuk menjaga norma moral serta norma agama.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah kepala sekolah, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, guru agama dan berapa orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada beberapa langkah yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil bahwa dalam melaksanakan praktek pendidikan agama Islam berpedoman pada kurikulum yang ditetapkan oleh SMK Islam Terpadu Darussalam Pamenang Kabupaten Merangin. Hal ini berfungsi sebagai upaya mensinkronisasikan semua mata pelajaran yang harus diajarkan dalam lembaga. Pelaksanaan shalat berjamaah siswa SMK Islam Terpadu Darussalam Pamenang dilakukan setelah siswa menerima materi dari guru, mereka kemudian mempraktekkan langsung tentang materi yang disampaikan tersebut. Siswa menerima materi tentang sholat kemudian mempraktekkannya secara langsung yang diawasi oleh guru yang membimbing. Guru bidang studi pendidikan agama Islam berperan dalam membina kebiasaan shalat berjamaah siswa SMK Islam Terpadu Darussalam Pamenang sebagai salah satu pihak yang mempunyai peranan penting dalam pembinaan generasi muda. Selain itu, guru PAI berperan sebagai pemberi contoh dimana salah satu tugas utama dan peran guru pendidikan agama Islam yang sangat signifikan dalam upaya penerapan sholat berjamaah pada siswa SMK Islam Terpadu Darussalam Pamenang adalah guru PAI berperan sebagai pemberi contoh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Nadia Rezky |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:14 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:37 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1396 |