فعالية نموذج التعليم بالاكتشاف (Discovery Learning) لترقية مهارة كتابة العربية لدى التلاميذ بالمدرسة الثانوية بمعهد والي فيتو الإسلامي تانجونج جابونج الشرقي

Latifah, Maryana (2023) فعالية نموذج التعليم بالاكتشاف (Discovery Learning) لترقية مهارة كتابة العربية لدى التلاميذ بالمدرسة الثانوية بمعهد والي فيتو الإسلامي تانجونج جابونج الشرقي. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa
kelas VIII dan hasil pembelajaran Discovery Learning setelah digunakan dalam
pembelajaran imla’ siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Wali Peetu Tanjung
Jabung Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah
pretest, posttest, treatment dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan
menggunakan analisa data statistik uji t untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil
dari penelitian menunjukkan pada penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti
bahwa lokasi penelitian yang dijadikan peneliti untuk meneliti efektivitas model
pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis
bahasa Arab dalam pembelajaran imla’ memang belum pernah dilakukan, sehingga
untuk mengetahui efektivitas dari adanya penerapan model pembelajaran Discovery
Learning maka peneliti melakukan treatment terhadap kelas eksperimen. Adapun
rata-rata nilai hasil belajar pretest bahasa Arab siswa sebelum diterapkan model
pembelajaran Discovery Learning adalah 61,2 sedangkan nilai posttest setelah
diterapkan model pembelajaran Discovery Learning adalah 92,4. Dari hasil tersebut
dapat dilihat perbedaan yang cukup signifikan antara sebelum dan setelah
diterapkan model pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan hasil analisis
data, diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 17,02 > 2,063 maka H0 ditolak, hasil dari uji
hipotesis ini menunjukkan hipotesis yang menyatakan model pembelajaran
Discovery Learning efektif terhadap keterampilan menulis bahasa Arab dapat
diterima."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:53
Last Modified: 16 Oct 2024 07:09
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item
View Item