Anggraini, Meri (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Memabaca Al-Qur`an Di Sekolah SMP Satu Atap Singkut Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peran guru
PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an siswa SMPSatu Atap
Singkut, Untuk mengetahui Bagaimana Mengatasi Kesulitan membaca Al-Qur`an
siswa SMP, Untuk mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an siswa SMP Satu Atap Singkut.Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai
berikut: 1) Peran guru pendidikan Agama islam yaitu: peran guru tidak hanya
sekedar memberikan arahan dan membina tetapi juga seorang guru harus melatih
setiap siswa dengan cara memberikan tugas-tugas untuk mendukung
perkembangan belajarnya2)Mengadakan sistem TPQ untuk siswa yang belum bisa
membaca Al-Quran dengan baik dan benar 3) Faktor pendukung yaitu adanya
sarana dan prasarana untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang hasil
belajar peserta didik seperti tadarus Al-Qur`an setiap hari kepada peserta didik itu
sendiri dan Dilaksanakan Jum`at ibadah yang dikaitkan dengan membaca Al-
Qur`an dengan baik yang disebut dengan Tahsinul Qira`ah( memperbaiki bacaan).
sedangkan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an
yang diterapkan untuk mata pelajaran Agama Islam ini sangat terbatas khususnya
membaca Al-Qur‟an.
Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Mengatasi kesulitan
Membaca, Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:22 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1380 |