Upaya guru mewujudkan profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar Negeri 76 Mendalo Darat Jambi Luar Kota

Saputra, Alif Anggun (2023) Upaya guru mewujudkan profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar Negeri 76 Mendalo Darat Jambi Luar Kota. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang melatar belakangan skripsi ini adalah kurangnya sikap peduli
terhadap lingkungan sekolah serta kurangnya kerjasama antara siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru mewujudkan profil pelajar
pancasila di Sekolah Dasar Negeri 76 Mendalo Darat Jambi Luar Kota,penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi
observasi,wawancara,dokumentasi hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1)
upaya guru mewujudkan profil pelajar pancasila di sekolah dasar negeri 76
mendalo darat jambi luar kota meliputi: profil pelajar pancasila telah di terapkan
pada kelas 1 dan 4. Kegiatan yang di terapkan guru adalah Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan. 2) Upaya guru
dalam menanamkan nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter
siswa meliputi: guru menyiapkan perangkat ajar, berkolaborsi dengan orang tua
serta membiasakan nilai dimensi profil pelajar dalam kehidupan sehari-hari siswa.
3) faktor pendukung dan penghambat dalam menanam nilai-nilai profil pelajar
pancasila meliputi: faktor pendukung kurikulum merdeka adanya fasilitas
pendukung guru faktor penghambat kurikulum kurangnya buku ajar sebagai
bahan pembelajara dan kurikulum masih baru sehingga masih banyak guru yang
belom menguasai kurikulum merdeka.
Kata kunci: upaya guru, profil pelajar pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:56
Last Modified: 17 Oct 2024 04:44
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item
View Item