Lestari, Nova (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar kota. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren diketahui bahwa pelajaran tematik masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM dikarenakan siswa kurang terlibat peroses pembelajaran berbelum leluasa dalam memecahkan masalah kurangnya pemahaman penyampaian materi kurangnya kegiatan yang dilakukan pada peroses pembelajaran dan lebih cederung tidak kondusif sehinga mengakibatkan siswa menjadi kurang pemahaman materi pelajaran hingga hasil belajar yang diperoleh menjadi menurun. Salah satu model pembelajaran yang cukup bervariasi dan tentunya dapat melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota. metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pretest posttest control gurup desing, pengumpulan data menggunakan teknik tes awal (pretest), tes akhir (posttest) dan obsevasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dengan T-tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel berjumlah 22 siswa dibagi dua kelompok yang masing masing terdiri dari kelas eksperimen 11 siswa dan kelas kontrol 11 siswa. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 22. Data hasil penelitian rata-rata perolehan nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi sebesar 77,36 sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model Discovery Learning sebesar 60,03. Dari uji T-tes pada tarap siginifikan 5% =2,086 dan 1% =2,845 diperoleh 2,086<1,945> 2,845 jadi T-hitung T-tabel atau Ho ditolak dan Ha di terima dengan hasil sig (2-tailed) adalah 0,066 < 5% yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Discovery Learning dengan yang tidak menggunakan model Discovery Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 07:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:27 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1350 |