Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Muliyana, Muliyana (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of NUR ALIFAH 502180102 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBATALAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK 9 JAMBI SYARIAH - Nur Alifah.pdf] Text
NUR ALIFAH 502180102 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBATALAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK 9 JAMBI SYARIAH - Nur Alifah.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu perbuatan mengkonsumsi barang atau jasa
secara berlebihan diluar batas kebutuhan. Perilaku konsumtif dilarang dalam islam
karena perilaku berlebihan tidak disukai Allah SWT sebagaimana dijelaskan
dalam Al-Quran. Perilaku konsumtif pada mahasiswa telah menjadi suatu hal
yang lumrah. Mahasiswa cenderung mengikuti trend, dan melakukan pembelian
impulsif karna adanya diskon yang mana buka merupakan kebutuhan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas
dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan media observasi, dokumentasi, dan
kuesioner, Hasil peneitian menunjukkan pengaruh literasi keuangan syariah
terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan nilai t hitung
2,718, dengan nilai signifikansi 0,047 < 0,005. Religiusitas mempengaruhi
perilaku konsumtif mahasiswa dengan t hitung 2,441 dan nilai signifikansi 0,046
< 0,05. Gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan nilai t hitung
sebesar 2,553 dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05.
Kata kunci : Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap
Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: editor
Date Deposited: 27 May 2024 03:30
Last Modified: 27 May 2024 03:30
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item