Nadila, Ulfa (2023) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Picture and picture pada Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode picture anda picture pada mata pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode observasi berguna untuk mengukur aktifitas guru dan keaktifan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa setiap per siklusnya. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat serta gambaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Dan metode dokumentasi digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi yaitu pada siklus I 66,66% dan pada siklus II 80,30%. Berdasarkan analisis data yang didapat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan metode Picture and Picture dalam mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:37 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1347 |