Anggraini, Rosa (2023) Penerapan Metode Show and Tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurun Najah Olak Kemang Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara
siswa melalui penerapan metode show and tell di kelas III MI Nurun Najah Olak
Kemang. Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berbicara
siswa kelas III, hal ini terlihat dari siswa tidak dapat mengungkapkan pendapatnya
terkait materi pembelajaran tematik, 15 siswa memiliki nilai dibawah KKM
keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
model Kemmis dan Mc Taggart, subjek penelitian yaitu 22 peserta didik kelas III
MI Nurun Najah Olak Kemang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis
kualitatif dan kuantitatif sederhana melalui persentase. Berdasarkan hasil
penelitian, rata-rata keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik
sebelum tindakan hanya mencapai 56,82% atau berada pada kategori kurang.
Setelah dilakukan tindakan keterampilan berbicara pada siklus I meningkat
menjadi 71,25% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan berbicara
siswa kembali meningkat menjadi 88,18% dengan kategori Baik. Maka dapat
diambil kesimpulan bahwa penerapan metode show and tell dapat meningkatkan
keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik muatan bahasa indonesia
di kelas III MI Nurun Najah Olak Kemang.
Kata kunci : Metode Show and Tell, Keterampilan berbicara, pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:18 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1337 |