DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KOTA JAMBI

ESEVEN, SELA (2023) DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"ABSTRAK

Nama : Sela Eseven
Fakultas/Jurusan : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Agama Islam
Judul : Damapak Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kota Jambi

Perkembangan media sosial saat ini membuat para remaja berlomba-lomba untuk berkomunikasi melalui internet, khususnya media sosial dengan konten. Segala bentuk aktivitas siswa tidak lepas dari media sosial. Kecenderungan penggunaan media sosial sebagai media interaksi memang mengkhawatirkan karena diamati sejak usia sekolah. Di usia yang masih labil, mereka harus membiasakan diri bergaul dengan teman atau orang lain dan berkomunikasi secara langsung. Media sosial dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap akhlak seseorang. Di satu sisi, media sosial dapat mendorong perilaku yang baik. Namun di sisi lain, media sosial juga bisa mendorong perilaku buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media sosial pada siswa kelas IX SMP Negeri 17 Kota Jambi. 2) Memahami dampak positif dan negatif penggunaan media sosial terhadap pembentukan moral siswa SMP 17 di Jambi 3) Mengetahui cara mengantisipasi dampak negatif penggunaan media sosial terhadap pembentukan akhlk siswa SMP Negeri 17 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan perekaman. Subjek penelitian terdiri dari 13 orang yaitu: kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI dan 10 siswa kelas IX SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penggunaan Media Sosial Siswa SMP Negeri 17 Kota Jambi menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai media utama untuk mencari dan memperoleh informasi. Media sosial yang digunakan adalah: Whatsaap, Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook dan Twitter. Dan itu dimanfaatkan dengan baik. Positif penggunaan media sosial adalah mempermudah kegiatan pembelajaran dan menambah wawasan ilmu agama. Pengaruh negatif media sosial membuat mereka melanggar aturan dan mengabaikan tanggung jawab dan kewajibannya. Faktor penghambat dan pendukung prediksi dampak penggunaan media sosial terhadap moralitas siswa adalah kebiasaan buruk siswa dan kurangnya pengawasan orang tua. Adapun cara mengantisipasi dampak negatif penggunaan media sosial seperti kerjasama antara sekolah dengan komite, peraturan yang diberlakukan oleh sekolah, mengadakan kegiatan aktif (seperti kegiatan ekstrakurikuler), pengajian pendek Al-Qur'an
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:25
Last Modified: 17 Oct 2024 05:31
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item
View Item