Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi PlotagonUntuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Jambi

Sumarni, Novi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi PlotagonUntuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of NOVI SUMARNI 206180052 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA JAMBI - Novi Sumarni.pdf] Text
NOVI SUMARNI 206180052 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA JAMBI - Novi Sumarni.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media
pembelajaran fisika berbantuan aplikasi Plotagon yang layak digunakan sebagai
sumber belajar mandiri siswa; dan 2) meningkatkan motivasi belajar fisika materi
listrik statis setelah diimplementasikan media pembelajaran fisika berbantuan
aplikasi Plotagon mengunggah materi pembelajaran dalam bentuk gambar dan
video pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis
awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan
pembelajaran. Pada tahap design dilakukan pemilihan materi dan desain awal.
Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen fisika dan guru fisika SMK,
dilanjutkan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada tahap disseminate
dilakukan penyebaran video sebagai sumber belajar mandiri di SMKN 1 Kota
Jambi . Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, lembar
angket motivasi, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa.
Teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik
analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis saran dari validator,
sedangkan teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis
penilaian validator, respon siswa, peningkatan motivasi dan peningkatan prestasi
belajar.
Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) kelayakan
produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian validator termasuk dalam
kategori sedang; 2) peningkatan motivasi belajar siswa berada dalam kategori
sedang dengan nilai standar gain <g>sebesar 0,43.
Kata kunci: Plotagon, Motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 May 2024 03:25
Last Modified: 27 May 2024 03:25
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item
View Item