Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren

Yola, Anggra (2023) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren pada Pembelajaran Tematik melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan data yang diambil meliputi data keaktifan belajar siswa dan hasil belajar IPA. Validitas data dan instrument menggunakan triangulasi. Tekhnik analisis data memakai Analisis Model Interaktif yang terdiri dari tiga komponen: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil observasi pra siklus menunjukkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA 58,33%. Sedangkan siswa yang mencapai KKM atau mendapat nilai ≥ 62 ada 41,66%. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian siklus I, keaktifan belajar siswa 72% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM 64%. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa menjadi 100%. Hasil belajar yang mencapai KKM juga meningkat menjadi 88%. Ditinjau dari hasil penelitian, maka penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren.
"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:20
Last Modified: 17 Oct 2024 05:00
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item
View Item