Karmila, Karmila (2022) “Layanan Perpustakaan Berdasarkan Standar IFLA Guidelines For Covid-19 di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan perpustakaan di
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi selama pandemi berdasarkan IFLA
Guidelines For Covid-19 dan mengetahui apa kendala layanan perpustakaan di
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi selama pandemi serta mengetahui
upaya apa yang di lakukan di Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Kota Jambi agar
layanan perpustakaan tetap berjalan selama pandemi. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa berdasarkan hasil temuan penulis di lapangan perpustakaan
di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi selama pandemi sesuai dengan
IFLA Guidelines, terdapat tiga kategori layanan. pertama, Pemberlakuan
Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Kedua, Layanan Minimal. Ketiga, Layanan
Penutupan Penuh. Dampak terjadinya layanan di perpustakan Dinas Kearsipan
dan Perpustakaan Kota Jambi adalah Jumlah Pengunjung Berkurang, Transaksi
Peminjaman Buku Berkurang, Kurangnya Dana/Anggaran. Upaya yang di
lakukan dalam pelayanan perpustakaan di masa pandemi berupa Layanan
WhatsApp Center, Layanan OPAC, Koleksi Digital, Layanan Aplikasi Ijambi
Kota.
Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, pandemi Covid-19, IFLA Guidelines
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:24 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:18 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/132 |