Jannah, Miftakhul (2023) Analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kuliner Rumah Makan Sutan Mudo Sakato (SMS) di Desa Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling berkembang pesat, makanan
adalah kebutuhan setiap orang dalam setiap harinya. Daya Saing adalah
kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing atau menjadi unggul dari
perusahaan pesaingnya dalam merebut perhatian dan loyalitas konsumen,
memperoleh laba yang berkelanjutan dan mempertahankan pasar. Analisis SWOT
adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi faktor
internal dan eksternal suatu spekulasi bisnis.
Penelitian SWOT untuk meningkatkan daya saing Rumah Makan SMS ini
bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang paling tepat dan berdaya
saing melalui analisis SWOT. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah
kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan serta
pelanggan Rumah Makan SMS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan usaha Rumah Makan
SMS adalah pada cita rasa masakan khas minang, kondisi finansial yang baik,
lokasi strategis, memiliki pelanggan tetap, harga relatif murah dibanding pesaing
terdekat. Kelemahan Rumah Makan SMS adalah ketika harga sembako naik,
pelayanan kurang cepat, Peluang Rumah Makan SMS adalah peluang lapangan
kerja bagi penduduk setempat. Ancaman Rumah Makan SMS berasal dari saingan
usaha kuliner yang sejenis maupun tidak sejenis seperti warung makan kecil.
Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan pada Rumah Makan SMS maka
beberapa strategi telah dirumuskan dalam upaya meningkatkan daya saing
diantaranya sebagai berikut inovasi produk makanan Minang menggunakan ciri
khas masakan Minang yang kuat seperti makanan dari bahan daging yaitu dapat
berupa dendeng balado. Penambahan jumlah karyawan bisa mengatasi masalah
pelayanan yang lambat, pembukaan cabang baru dapat menjadi peluang bagi
Rumah Makan SMS.
Kata kunci : Bisnis kuliner, Analisis SWOT dan Daya saing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:41 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 00:50 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1319 |