Penggunaan Media Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Era Globalisasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tungkal Ulu Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Dewi, Liya Rustiyana (2023) Penggunaan Media Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Era Globalisasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tungkal Ulu Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sikap siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan siswa pun terkadang merasa bosan karena suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan. Permasalahan ini terlihat bahwa siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi menggunakan media animasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, test, pengisian angket motivasi belajar siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I menghasilkan 60,22% dan pada siklus II menghasilkan 91,47% maka keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 31,25% menjadi sangat baik dan aktivitas guru selama proses pembelajaran pada siklus I menghasilkan 66,34% dan siklus II menghasilkan 96,63% maka aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 23,56% menjadi sangat baik. Hasil ketuntasan belajar juga dapat dilihat bahwa siswa memahami atas apa yang telah dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan media animasi dengan persentase 96,15%. Hasil skor angket motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 75,6% yang meningkat pada siklus I sebesar 79,50% dan pada siklus II sebesar 95,08% sehingga motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,58% dengan kategori sangat termotivasi. Penelitian menemukan bahwa Penggunaan Media Animasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 4 Tungkal Ulu. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan video animasi dalam mengajar sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:14
Last Modified: 17 Oct 2024 05:29
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item
View Item