Penerapan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kota Jambi

Zahrah, Luthfiyah (2023) Penerapan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Luthfiyah Zahrah 204190041 Penerapan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kota Jambi - Luthfiyah Zahrah.pdf] Text
Luthfiyah Zahrah 204190041 Penerapan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kota Jambi - Luthfiyah Zahrah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas “Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Minat Membaca Siswa”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca siswa, masih banyak siswa yang kurang minat dan tidak semangat dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat membaca siswa melalui strategi PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari lima siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kota Jambi yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah peningkatan minat membaca siswa dengan menggunakan strategi PQ4R Berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil menunjukan bahwa penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan minat membaca siswa. Peningkatan minat membaca dari, Siklus I 58,33%, siklus II 78,33%, siklus III 78,33%, siklus IV 75% dan siklus V 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan minat membaca siswa dapat di katakan berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:07
Last Modified: 20 Aug 2024 03:07
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item
View Item