Peran guru Al-Qur'an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Talang Bakung kota Jambi provinsi jambi

Yunita, Pitri (2023) Peran guru Al-Qur'an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Talang Bakung kota Jambi provinsi jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai peran guru Al-Qur’an Hadits dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIIIC madrasah
Tsanawiyah Al-Hidayah Talang Bakung Kota Jambi. Faktor yang menyebabkan
siswa kelas VIIIC kurang memiliki kemampuan baca Al-Qur’an, Peran guru Al-
Qur’an Hadist. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif,
Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Adapun
metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian
menunjukan hasil penelitian ini di tunjukan bahwa sudah terlihat kelancaran
dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas VIIIC dari 24 siswa yang awalnya 13
siswa belum lancar membaca Al-Qur’an ini sudah lancar. Seorang pendidik
memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam
pembelajaran Al-Qur’an. Kesimpulan peran guru Al-Qur’an hadits dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIIIC Madrasah
Tsanawiyah Al-Hidayah Talang Bakung Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan
sikap cera mengajar yang baik dan benar serta memberikan bimbingan lebih
kepada siswa yang kurang dalam kememapuan membaca Al-Qur’an, selalu
memberikan motivasi ketika sebelum pembelajaran di mulai. Kendala dan solusi
guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa seharusnya tidak berhenti pada peran guru yang dilakukan selama ini dalam
mengajarkan siswa, tetapi siswa juga perlu mampu menghayati, memahami akan
pentingnya pembelajaran Al-Qur’an ini dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengamalkannya."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:44
Last Modified: 17 Oct 2024 07:05
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item
View Item