Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatisk Auditori Visual Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren

Yola, Anggra (2023) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatisk Auditori Visual Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Anggra Yola 204190216 PGMI di UIN STS JAMBI - ANGGRA YOLA.pdf] Text
Anggra Yola 204190216 PGMI di UIN STS JAMBI - ANGGRA YOLA.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis,
Auditori, Visual dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
pada Pembelajaran Tematik Dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai
Duren. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren pada Pembelajaran Tematik
melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual Dan
Intelektual). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang.
Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi
dan tes. Sedangkan data yang diambil meliputi data keaktifan belajar siswa dan
hasil belajar IPA. Validitas data dan instrument menggunakan triangulasi.
Tekhnik analisis data memakai Analisis Model Interaktif yang terdiri dari tiga
komponen: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi
data. Hasil observasi pra siklus menunjukkan keaktifan belajar siswa dalam
pembelajaran IPA 58,33%. Sedangkan siswa yang mencapai KKM atau mendapat
nilai ≥ 62 ada 41,66%. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Hasil penelitian siklus I, keaktifan belajar siswa 72% dan
hasil belajar siswa yang mencapai KKM 64%. Sedangkan siklus II terjadi
peningkatan keaktifan belajar siswa menjadi 100%. Hasil belajar yang mencapai
KKM juga meningkat menjadi 88%. Ditinjau dari hasil penelitian, maka
penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual)
dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Sungai Duren.

Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:10
Last Modified: 15 Aug 2024 03:10
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item
View Item