Claudia, Sindi (2023) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Metode Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, penelitian
ini membahas tentang Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Metode Mengajar
Guru Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Berbasis Kurikulum Merdeka Pada
Pembelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi,
Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode
mengajar guru dalam meningkatkan karakter siswa yang pertama untuk berakhlak
mulia pada awal pembelajaran yang pasti diawali dengan do’a, berpikir kreatif
dan kritis itu dalam pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran berkelompok,
jadi siswa bisa diskusi sesuai dengan permasalahan yang diberikan. 2) Faktor-
faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan karakter siswa ini adalah faktor
lingkungan serta budaya yang berlaku ditempat siswa ini tumbuh dan
berkembang, merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap
perkembangan karakter siswa. 3) Kendala guru dalam pelaksanaan kurikulum
merdeka ini yaitu keluar dari zona nyaman pembelajaran, tidak memiliki
pengalaman program kurikulum merdeka, minimnya pengalaman personal guru,
keterbatasan referensi, program yang belum tercapai, dan kurangnya bahan ajar
pada proses pembelajaran. 4) persepsi siswa terhadap metode mengajar guru pada
pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru pada pembelajaran matematika
ini mampu membuat siswa lebih aktif, karena mendorong siswa untuk berani
tampil, menciptakan lingkungan belajar nyaman, dan cara belajar yang berbeda.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Matematika, Karakter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:04 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:57 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1304 |