Sundari, Indah (2023) Penerapan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pematang Gajah. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya minat belajar siswa, hal ni disebabkan kurangnya media yang
bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan pembelajaran menjadi kurang
optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar
siswa melalui media buku cerita bergambar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan
Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara, Angket dan
Dokumentasi. Serta sumber data yang didapatkan pada penelitian ini dikumpulkan
dari berbagai sumber yang meliputi narasumber yaitu siswa dan guru kelas, kepala
sekolah dan karyawan TU melalui pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kelima aspek adanya peningkatan yaitu adanya perasaan
senang terhadap belajar, pemusatan perhatian dan dan pikiran, kemauan untuk
belajar, kemauan aktif dari dalam diri dalam pembelajaran, dan upaya yang
dilakukan untuk merealisasikan keiinginan untuk belajar adanya peningkatan pada
pembelajaran tematik muatan matematika melalui media buku cerita bergambar,
diperoleh persentase ketuntasan siswa pra siklus 11,2%, siklus I 65% dan siklus II
90%. Serta terjadinya peningkatan pada aktivitas guru dan siswa siklus I dengan
persentase 64% dan siklus II dengan persentase 93% dan adanya peningkatan
pemahaman materi pada post test siklus I dengan persentase 65 dan siklus II
ddengan persentase 85%.
Kata Kunci : Buku Cerita Bergambar, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik,
Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:58 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1292 |