Pengaruh Penggunaan Simulasi PhET Berbasis Scincetifik Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA N 9 Muaro Jambi

Kusumawati, May (2023) Pengaruh Penggunaan Simulasi PhET Berbasis Scincetifik Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA N 9 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hukum Newton merupakan materi kompleks dimana pada penyampaiannya harus dijelaskan secara rinci baik secara makro, mikro dan numerik agar dapat dipahami secara tepat oleh peserta didik. Hukum Newton juga memiliki sifat abstrak yang secara bersamaan harus dijelaskan untuk memahami fenomena sehingga membutuhkan simulasi yang sesuai untuk menjelaskan nya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan laboratorium Virtual Berbasis Simulasi PhET terhadap hasil belajar fisika di SMA N 9 Muaro Jambi.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 9 Muaro Jambi pada kelas X tahun ajaran 2022/2023 dengan materi pembelajaran Hukum Newton. Penelitian ini melibatkan 25 siswa yang aktif menggunakan smartphone dalam proses pembelajarannya. Instrumen pada penelitian ini berupa tes soal sebanyak 26 butir soal yang dikemas dalam google form dan dikerjakan sebelum pembelajaran atau pre-test dan sesudah pembelajaran atau post-test. Setelah mendapatkan data hasil penelitian maka data dianalisis menggunakan aplikasi software JASP.  Hasil analisis data mengatakan bahwa pada pembelajaran menggunakan laboratorium virtual berbasis simulasi PhET dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 0,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Simulasi PhET dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar serta dengan pembelajaran menggunakan media tersebut siswa semangat dalam mendapatkan atau membuktikan teori pembelajaran yang telah didapatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:30
Last Modified: 16 Oct 2024 01:48
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item
View Item