"تطبيق طريقة أمثلتي لترقية قدرة التلاميذ على قراءة كتب التراث في معهد العناية تيبو جامبي"

Novitas, Leli (2023) "تطبيق طريقة أمثلتي لترقية قدرة التلاميذ على قراءة كتب التراث في معهد العناية تيبو جامبي". Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"ABSTRAK

Nama : Leli Novita
Jurusan : Pendidikan Bahasa Arab
Judul : Penerapan Metode Amtsilati untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Al – Inayah
Tebo Jambi

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode amtsilati untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Al – Inayah Tebo Jambi. Latar belakang masalah yaitu dimana dalam pembelajaran kitab kuning masih menggunakan kitab klasik, kemudian sudah menerapkan metode amtsilati tetapi sistimnya tidak sama seperti di amtsilati pusat sehingga hasilnya menjadi kurang optimal, dan tidak sedikit santri yang masih kesulitan dalam pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif degan menggunakan pendekatan deskriptif, dalam pengumpulan data, peneliti mengumpulkan dengan 3 cara yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa :

1. Penerapan metode amtsilati di Pondok Pesantren Al –Inayah Tebo Jambi saat ini sudah sesuai dengan sistim amtsilati di Darul Falah hanya saja di Al-Inayah lebih menekankan pada ngembangan pemahaman dibanding dengan hafalanya dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan latar belakang santri yang berbeda – beda.
2. Kemampuan beberapa santri program amtsilati dalam membaca kitab kuning yang tidak memiliki harakat, memberi makna serta kedudukanya sudah lancar, hanya saja terkadang mereka masih ragu – ragu yang mana mereka perlu latihan lebih giat lagi agar kedepanya lebih mahir dalam membaca kitab kuning pencapaian santri dapat dilihat dari evaluasi yang dilakukan di setiap minggunya.
3. Hambatan – hambatan dalam penerapan metode amtsilati, ada beberapa santri masih terbilang baru mengenal materi ajar (yang dalam hal ini Nahwu Sharaf), tidak sedikit santri yang mengantuk saat pembelajaran didalam kelas, santri kurang bersemangat mengikuti pembelajaran amtsilati, bentuk pembelajaran metode, pendekatan, teknik, dan waktu pembelajaran amtsilati yang diterapkan di Al-Inayah dirasakan kurang tepat oleh beberapa santri. Di samping itu kurangnya penyegaran dalam pembelajaran amtsilati, dalam artian suasana kelas yang monoton"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:07
Last Modified: 16 Oct 2024 07:11
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item
View Item