Anggraini, Susi (2023) تأثير طريقة الغناء لترقية حفظ المفرادت اللغة العربية في المدرسة مدينة العلوم فامنانج مراجين جامبي. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Bernyanyi untuk
Meningkatkan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah
Madinatul ‘Ulum Pamenang Merangin Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif komperatif dengan jenis penelitian Eksperimen (Posttest-Only
Control ). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji Validitas dan uji Reabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes ( Uji-t/independent T test). Dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A
dan VII B Madrasah Tsanawiyah Madinatul ‘Ulum Pamenang Merangin Jambi
yang berjumlah 46 orang .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Hasil belajar mufrodat bahasa
arab siswa menggunakan Metode bernyanyi memperoleh nilai tertinggi 100 dan
terendah 60 dengan rata-rata 80. 2). Hasil belajar mufrodat siswa yang tidak
menggunakan strategi bernyanyi atau metode Konvesional memperoleh nilai
tertinggi 90 da nilai terendah 10 dengan rata-rata 55,15.Dengan demikian telah
terlihat jelas bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Bernyanyi
lebih tinggi di bandingkan metode Konvesional. 3). Berdasarkan hasil
independent T test menggunakan SPSS Versi 20 nilai T 0,005 < 0,05 atau 0,005
< 2,074 berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas Eksperimen dan
kelas Kontrol. Maka dengan begitu Ha diterima dan Ho ditolak .
Dari hasil penelitian yang sudah diperoleh, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yakni:
1). Pembelajaran dengan metode bernyanyi bisa menjadi salah satu alternatif guru
dalam pembelajaran bahasa arab khususnya untuk meningkatkan pemahaman
mufrodat bahasa arab siswa. 2). Dengan metode bernyanyi dalam pembelajaran
bahasa arab diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat melaksanakan penelitian
yang serupa dengan materi yang berbeda,mengukur aspek yang lain atau jenjang
sekolah yang berbeda. 3). Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode
bernyanyi hendaknya perlu ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai agar
memudahkan proses pembelajaran. "
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:07 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1278 |