"Penerapan Metode Pembelajaran Market Place Activity Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi

Ramadani, Sinthia (2023) "Penerapan Metode Pembelajaran Market Place Activity Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal yang menunjukan kurangnya keaktifan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran market place activity pada mata pelajaran PAI di kelas VIII A dapat meningkatkan keaktifan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Objek penelitian yaitu kelas VIII A Sekolah Menengan Pertama Negeri 30 Kabupaten Muaro Jambi. Dengan jumlah peserta didik 22 orang. Data awal observasi keaktifan siswa dari 22 siswa diperoleh skor rata-rata keaktifan 48%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran market place activity dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran market place activity dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan hasil nilai observasi pada siklus I 66%. Dan pada siklus II hasil nilai observasi 86% Kesimpulan penelitian di Sekolah Menengah Pertama 30 Kabupaten Muaro Jambi, telah mencapai ketuntasan keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto Mahdianto
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:46
Last Modified: 17 Oct 2024 06:46
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item
View Item