Masfuhah, Karimatun (2023) Problematika Santri pada Program Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Irsyadul 'Ibad Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"ABSTRAK
Nama : Karimatun Masfufah
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Problematika Santri Pada Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Irsyadul ‘Ibad Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi
Skripsi ini membahas tentang Bagaimana Kegiatan pembelajaran santri dalam menghafal al-Qur’an pada program tahfidz al-Qur’an dipondok Pesantren Irsyadul ‘Ibad Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran menghafal al-Qur’an pada program tahfidz al-Qur’an, apa saja faktor penghambat dan pendukung santri dalam menghafal al-Qur’an pada program tahfidz al-Qur’an dan bagaimana upaya santri dalam mengatasi problematika menghafal al-Qur’an pada program tahfidz al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan subyek penelitian ini adalah pembimbing tahfidz dan santri serta informan-informan berupa pengasuh pondok pesantren dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi-wawancara-dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan pembelajaran santri dalam menghafal al-Qur’an pada program tahfidz al-Qur’an dipondok Pesantren Irsyadul ‘Ibad dilakukan setiap hari yaitu pagi hari setelah solat subuh sampai pukul 09.00 WIB dan sore hari setelah solat ashar hingga menjelang waktu magrib. Faktor penghambatannya yaitu : Faktor Internal berupa rasa malas, dan kurang istiqomah. Sedangkan Faktor Eksternal berupa waktu yang terbatas, padatnya kegiatan, ayat-ayat yang sulit, ayat-ayat yang serupa tapi tidak sama (Mutasyabihat), kurang menguasai makhrajul huruf dan tajwid, tidak ada buku setoran, tidak ada reward, tidak ada ujian tahfidz, waktu dan tempat yang tidak tepat, gangguan asmara, dan lingkungan. Adapun faktor pendukungnya yaitu : faktor internal berupa niat awal saat memilih untuk menghafal al-Qur’an, sedangkan faktor eksternal berupa orangtua, pembimbing tahfidz, dan lingkungan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika dalam menghafal al-Qur’an pada program tahfidz al-Qur’an yaitu : Dengan cara memotivasi diri sendiri dengan memperbarui niat awal dan kembali niat awal menghafal al-Qur’an, Mengatur waktu, Mendalami ilmu tajwid dan memperbaiki makhrajul huruf., Membaca ayat-ayat yang dihafal didalam solat, Membuat target hafalan sendiri, Istiqomah, Tempat dan waktu yang tepat untuk menghafal dan mengulang hafalan, dan Mengontrol diri dari gangguan asmara yang sedang dirasakan.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:03 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:31 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1272 |