Saputri, Cici Nurma (2023) Tahlil Al-Akhto'Al-Imlaiyah Fii Kitabatul Huruf Al-Arobiyah Inda Talamidz Bima'had Syaikh Maulana Qori Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Cici Nurma Saputri 2023, Tahlil Al- Akhto’ Al- Imla’iyah Fi kitabah Huruf Al- Arobiyah Inda At-Talamidzi Bima’had Syekh Maulana Qori Merangin.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Penelitian yang datanya diperoleh menggunakan cara belajar dilapangan atau turun pribadi ke lapangan. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan Metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini menganalisis kesalahan mengeja dalam penulisan bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Syekh Maulana Qori Merangin. Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui apa saja bentuk kesalahan ejaan dalam penulisan bahasa Arab yang ditemukan pada Murid di Pondok Pesantren Syekh Maulana Qori Merangin. 2. Apa penyebab seringnya terjadi kesalah ejaan dalam penulisan bahasa Arab di Pondok Pesantren Syekh Maulana Qori Merangin. 3. Bagaimana solusi untuk mengurasi kesalahan ejaan dalam penulisan bahasa Arab di Pondok Syekh Maulana Qori Merangin.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan Ejaan
dalam penulisan bahasa Arab, Adapun Kesalahan dari Segi penulisan Hamzah
Qhot’i, Hamzah Washol, dan kesalahan dalam mendengarkan huruf. Penyebab
dari kesalahan murid adalah sebagian murid masih ada yang tidak mengenal huruf Hijaiyah dengan baik, tidak tau cara menyambung dan memisahan huruf di dalam kalimat, kurangnya pemahaman kosa kata bahasa Arab, kurangnya minat murid dalam belajar bahasa Arab, dan juga kurang nya penjelasan atau pemaparan dari guru tentang kaidah dalam penulisan imla’.
Solusi dalam mengurangi Kesalahan imla’ yaitu dengan cara memberikan latihan khusus kepada murid yang tidak mengenal huruf Hijaiyah dengan baik, memberikan latihan kepada murid disetiap pelajaran serta mengoreksinya bersama di kelas, memberikan kosakata bahasa arab di setiap akhir pelajaran agar kosakata murid bertambah, memberikan motivasi kepada murid bahwasanya bahasa arab sangat berguna bagi mereka dikemudian hari dengan itu siswa akan lebih minat atau tertarik belajar bahasa arab. Dan mewajibkan bagi guru untuk memberikan penjelasan tentang kaidah dalam penulisan imla’ di setiap pertemuan agar siswa dapat memahami dan mengerti apabila diberikan latihan oleh guru."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa Sastra Arab |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:08 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1271 |