Widia Wati, Ika (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model learning cycle terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri
13 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skor hasil tes
kemampuan reflektif matematis siswa yang diajar dengan model learning cycle, untuk
mengetahui skor hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang
diajar dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui besar skor pengaruh
penerapan model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model learning cycle
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilakukan
dengan mnggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode true
experimental design yakni post-test control design. Teknik pengampilan sampel
menggunakan simple random smpling dengan sampel berjumlah 44 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lembar observasi. Penelitian ini dilakukan
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Subjek penelitian ini
adalah kelas VIII A dan VIII B dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Dengan hasil uji t yakni α 0,05 =
2,08, α 0,01 = 2,83 dan t0 = 3,06 karena 2,08 < 3,06 > 2,83 maka H0ditolak dan
Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang tidak
menerapkan model learning cycle dengan kelas yang menerapkan mdel learning cycle.
Kemudian dilakukan uji effect size untuk mengetahu apakah terdapat pengaruh antara
model learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep, setelah dilakukan
perhitungan didapatkan hasil 0,9 dimana didalam tabel cohen’s ini berarti terdapat
pengaruh yang tinggi dari kedua variabel.
Kata kunci : Learning Cycle, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | editor |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:16 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:56 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/127 |