Maulana, Muhammad Pajar (2023) ابداع معلم اللغة العربية لترقية إهتمام الطلاب بتعلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإحسانية سارانج بورونج Kreativitas Guru Bahasa Arab Guna Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Sarang Burung. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"ABSTRAK
Nama : Muhammad Pajar Maulana
Prodi : Pendidikan Bahasa Arab
Judul : Kreativitas Guru Bahasa Arab Guna Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Sarang Burung
Skripsi ini mengkaji tentang kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa
Arab guna meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menjelaskan kreativitas Guru Bahasa Arab, minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab dan Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Sarang Burung, untuk mengetahui kompetensi guru bahasa arab dalam lembaga tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualilatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya kreativitas guru dalam
pembelajaran Bahasa Arab guna meningkatkan minat belajar siswa dapat dikatakan baik, karena guru menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar seperti metode diskusi, ceramah, tanya jawab, praktek, dan Penyampaian materi dengan metode ceramah yang diselingi humor ini akan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan keakraban antar teman, hubungan guru dengan murid lebih menyenangkan. Minat siswa dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah Sarang Burung dapat dikatakan baik terlihat bagaimana siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsaniyah menunjukkan apresiasi yang tinggi berupa minat belajar bahasa Arab, guru kreatif dalam menyampaikan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan, metode, dan teknik mengajar yang bervariasi. faktor pendukung guru melakukan kreativitas yaitu guru menggunakan metode yang bervariasi, memiliki sifat humoris dan menghargai pendapat siswanya, dan faktor penghambat Guru melakukan kreativitas ada beberapa seperti fasilitas sekolah,wawasan pengajaran yang kurang dan alokasi waktu.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Arab."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidkan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:46 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:10 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1269 |