Hadi, Azlan (2023) Tahlilu dawafiu itqanu lughotil arabiyyati inda thullabi fil madrasati tsanawiyyati biqaryati Lubuk Resam bimantiqati Sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Azlan Hadi NIM 401180031, Penelitian ini berjudul Tahlilu Dawafi’u Itqaani Allughotul ‘Arabiyah Liirtiqoi Bimustawaa Atta’allum ‘Inda Attalaamidz Fiil Madrasati Tsanawiyah Fajar Islam Biqaryatii Lubuk Resam, Bimantiqoti Sarolangun. Di bawah bimbingan 2 orang pembimbing, Bapak Ismail Fahri, S.Ag,. M.Ag. dan Ibu Mushokhikul Khasanah, M.Hum.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis motivasi penguasaan bahasa Arab untuk meningkatkan taraf belajar siswa di MTS Fajar Islam Desa Lubuk Resam, Kabupaten Sarolangun dan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Desa Lubuk Resam, Kabupaten Sarolangun. Seperti yang kita ketahui, bahwa bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran di sekolah Islam. Bahasa Arab merupakan bahasa ibu atau mother language sebagian masyarakat di dunia, khususnya umat Islam. MTS Fajar Islam terletak di Desa Lubuk Rasam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Sekolah MTS Fajar Islam yang terletak di Desa Lubuk Resam, Kecamatan Nan Gedang, Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu sekolah menengah berbasis agama yang di dalamnya diajarkan pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Sekolah MTS Fajar Islam, Kabupaten Saralangon. Adapun metode yang dipakai di dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tentang motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab di MTS Fajar Islam, Kabupaten Sarolangun ada yang motivasinya tinggi, ada yang motivasinya sedang, dan ada juga yang memiliki motivasi yang rendah. Hal di atas dipengaruhi oleh kompetensi (kemampuan) seorang guru dan motivasi siswa. Ditinjau dari kompetensi guru bahasa Arab di MTS Fajar Islam dapat disimpulkan bahwa guru tersebut memiliki kompetensi, kepribadian yang baik dan akhlak yang terpuji. Guru juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam membangkitkan motivasi belajar bahasa Arab di kalangan siswa, khususnya di sekolah MTS Fajar Islam. Sedangkan yang berkaitan dengan Strategi yang dapat meningkatkan semangat belajar bahasa Arab di Sekolah MTS Fajar Islam, meliputi: Pertama, Menetapkan spesifikasi dan tujuan dalam proses belajar mengajar dalam kaitannya dengan hasil yang ingin dicapai., Kedua, memilih pendekatan belajar mengajar yang paling tepat dan efektif untuk mencapai tujuan., Ketiga, memilih dan menetapkan tujuan. prosedur, metode dan metode belajar mengajar yang paling tepat dan efektif., Keempat, menetapkan standar atau kriteria keberhasilan agar guru memiliki pegangan yang dapat digunakan sebagai ukuran seberapa baik tugas yang telah diselesaikan telah dilakukan."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa Sastra Arab |
Depositing User: | Mahdianto Mahdianto |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:23 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:04 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1266 |