Setiawati, Nanik (2023) Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Taman Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan bahasa anak merupakan suatu aspek perkembangan
anak usia dini yang sangat penting untuk dikembangkan dalam kehidupan
baik dilingkup sekolah maupun dilingkup rumah, baik dimasa sekarang
maupun dimasa mendatang. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi
yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lain sehingga terjalin
suatu interaksi sosial. Melalui bahasa anak juga dapat mengutarakan
gagasan, ide, atau pendapatnya kepada orang lain. Berbagai metode
dilakukan guru dalam menstimulasi aspek perkembangan bahasa anak.
salah satu diantaranya yaitu penerapan metode bercerita dengan
menggunakan media/alat peraga atau tanpa media/alat peraga. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode bercerita
dalam perkembangan bahasa anak di kelompok B usia 5-6 tahun Taman
Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan model Miles dan Huberman, dan teknik keabsahan
data menggunakan triangulasi data. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota
Jambi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas Kindy 2H, sedangkan
yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru
kelas Taman Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode bercerita dalam pengembangan bahasa anak pada
Taman Kanak-Kanak Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi sudah terlaksana
dengan baik. Hasil pencapaian sesuai perkembangan bahasa anak yaitu
diukur dari indikator pencapaian perkembangan anak lingkup
perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Antara lain yaitu anak dapat
memahami bahasa dengan mengulang perintah secara bersamaan,
mengulang kalimat yang lebih kompleks, dan memahami aturan dalam
suatu permainan. Serta mengungkapkan bahasa, yaitu menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks, perbendaharaan kata bertambah,
menyusun kalimat dengan struktur lengkap. Faktor pendukung penerapan
metode bercerita dalam pengembangan bahasa anak antara lain: sumber
cerita, media yang digunakan, topik cerita, alur cerita, durasi cerita, cara mengekspresikan tokoh dalam cerita, melakukan improvisasi, percaya diri,suasana hati guru dan pemberian reward untuk anak. Adapun faktor penghambatnya yaitu: topik dan media bercerita yang kurang menarik,lupa, kondisi anak, suasana hati guru dan anak, anak lebih tertarik dengan
media bukan cerita yang disampaikan, dan hambatan dari luar.
Kata Kunci: Metode bercerita, perkembangan, bahasa, dan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:07 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:42 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1257 |