Hatta, Hatta (2023) “Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Usaha Kerupuk Ikan SPN di Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi pemasaran
yang dapat diterapkan dan faktor yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan
usaha pada usaha kerupuk ikan SPN Dalam Meningkatkan Pendapatan keluarga di
Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Metode analisis
menggunakan analisis deskriptif dari hasil wawancara yang dilakukan kepada
pengelola usaha kerupuk ikan SPN. Hasil penelitian menemukan bahwa Penerapan
strategi pemasaran islami usaha kerupuk ikan SPN dilakukan dengan menerapkan
strategi Syariah Marketing (Strategi Pemasaran Syariah), Syariah Marketing Tactic
melalui strategi 3P yaitu Produk , Harga, Tempat dan Promosi, dan Syariah
Marketing Value yang sudah dilakukan dengan baik. Faktor pendukung dalam
kegiatan pemasaran usaha kerupuk ikan SPN ini adalah rasa harus tetap
dipertahankan, pemanfaatan sumber daya internal dari keluarga yang membuat
efisiensi biaya atau pengeluaran produksi. Faktor penghambat kegiatan pemasaran
adalah modal yang dimiliki sedikit karena produksi yang dilakukan hanya
menggunakan cara manual. Maka akan menghambat untuk memproduksi sesuai
dengan target pada saat banyak pesanan dari pelanggan. Selain itu juga belum
memiliki karyawan tetap.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Pendapatan Keluarga, Usaha Kerupuk
Ikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 06:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 00:38 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1251 |