Rahman, Wellyana Agus (2023) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) Menggunakan Media Serbaneka Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 84/IX Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan bertujuan untuk
meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan model
pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual)
menggunakan media pembelajaran Serbaneka pada pembelajaran
Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 84/IX Muaro Jambi, subjek
penelitian yaitu siswa kelas III dengan jumlah siswa s ebanyak 24 orang.
Model Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis and
Mctanggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada keaktifan
belajar siswa sebanyak 7% dengan nilai pada siklus I berjumlah 63%
dan pada siklus II berjumlah 70%. Sedangkan hasil tes siswa mengalami
peningkatan sebanyak 30% dengan nilai pada siklus I berjumlah 58%
dan pada siklus II berjumlah 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual
and Intellectual) menggunakan media pembelajaran Serbaneka pada
pembelajaran Tematik Kelas III mengalami peningkatan atau sesuai
dengan nilai ketuntasan yang peneliti tentukan untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and
Intellectual), Keaktifan Belajar siswa, Media
Pembelajaran Serbaneka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:46 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:40 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1239 |