Peran Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-irsyad Benteng Provinsi Riau

Sari, Ratna (2023) Peran Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-irsyad Benteng Provinsi Riau. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan
Membaca Al-Quran Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad
Benteng Riau, dengan pokok masalah: Bagaimana peran guru Al-Qur’an dalam
mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’a Siswa Madrasah Tsanawiyah Darud
Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
guru Al-Qur’an dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’a Siswa Madrasah
Tsanawiyah Darud Dawah Wal-Irsyad Benteng Riau. Melalui guru mata pelajaran

Al-Qur’an, siswa kelas VII dan kepala Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-
Irsyad Benteng Provinsi Riau. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan

penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darud
Da’wah Wal-Irsyad Benteng Riau. Metode keabsahan data menggunakan
Triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa guru Al-Qur’an memiliki peran yang
sangat penting dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an di Madrasah. Menjadi
pendidik dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an telah dijalankan dengan
baik dan sebagaimana mestinya. Selain itu perlunya peran guru Al-Qur’an
dikarenakan siswa masih memerlukan bimbingan dalam membaca Al-Qur’an
khususnya pada pelafalan makhorijul huruf, tajwid dan hurf hijaiyah yang
bersambung. Dalam menjalankan perannya guru berupa mengadakan bimbingan Al-Qur’an setiap pagi hari yang dibimbing eksklusif oleh guru di bidang Al-Qur’an, Menciptakan fasilitas serta sarana prasarana yang menunjang peserta didik dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, buku iqra’, juz’ama dan Al-Qur’an dan meningkatkan rendahnya minat membaca Al-Qur’an pada diri peserta didik.
Kata Kunci : Peran Guru, Mengatasi Masalah, Kesulitan Membaca

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:18
Last Modified: 17 Oct 2024 06:59
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item
View Item