Musdalifah, Musdalifah (2023) Implementasi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah nurul jama'ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabuaten Indragiri Hilir Riau. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Implementasi Pembelajaran
Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah
Tsanawiyah Nurul Jama‟ah Desa Pebenaan Kecamatan Keritang
Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah Reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Temuan dalam penelitian ini adalah: Pertama, Implementasi
pembelajaran kooperatif dalam mengatasi terhambatnya motivasi belajar
siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama‟ah Desa Pebenaan
Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau dalam hal ini guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran kooperatif dengan mengarahkan
kepada para peserta didik untuk mengikuti kegiatan dengan berdiskusi
dan menyampaikan setiap keluhan dan masukan dan belajar untuk
memecahkan suatu masalah dengan berdiskusi, kemudian guru membuat
beberapa kelompok untuk memecahkan masalah dengan cara berdiskusi
baik dari guru tersebut maupun dari peserta didik agar para siswa dapat
menyampaikan aspirasi secara lancer dan belajar untuk berbicara di
depan publik. Kedua, Faktor penghambat dalam Implementasi
Pembelajaran kooperatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di
Madrasah Tsanawiyah Nurul Jama‟ah Desa Pebenaan Kecamatan
Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau adalah salah satu yang
menghambat motivasi belajar siswa di sekolah. Beberapa siswa telah
bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Faktor Pendukungnya
adalah faktor keluarga, atau lebih tepatnya perhatian orang tua. Keluarga
memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap gaya pendidikan orang
tua, reaksi antara anggota keluarga dan keadaan ekonomi keluarga.
Ketiga, Penerapan model Team Games Tournament (TGT) sangat
dibutuhkan kelas VII, karena masih banyak siswa yang kurang dalam
motivasi belajarnya terutama pembelajaran Akidah Akhlak. Dengan
adanya model Team Games Tournament (TGT) dapat memotivasi siswa.
Minat mempuyai peranan penting dalam upaya seorang anak untuk
memberikan perhatian dalam status ilmu pengetahuan. Oleh karena itu
minat mempunyai pengaruh yang besar dalam belajar.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:05 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:40 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1237 |