Saprianti, Saprianti (2023) “Upaya Guru TPQ Mengatasi Kesulitan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di Musholah Al-Barokah Desa Rejosari Kecematan Tabir Ilir Kabupaten Merangin Provinsi Jambi’. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Al-Qur‟an merupakan pedoman umat Islam dalam setiap aspek kehidupan. Dan mengajarkan membaca al-Qur‟an merupakan kewajiban bagi setiap orang tua kepada anaknya. Membaca al-Qur‟an harus dimulai sejak usia anak-anak, sebab dengan cara demikian berarti telah memberi keterampilan dasar yang selanjutnya akan dikembangkan pada usia dewasa. Jika anak sejak dini sudah diajarkan membaca al-Qur‟an, mereka akan mudah untuk membaca al-Qur‟an. Akan tetapi belakangan ini gaya hidup masyarakat oleh karena itu di Musholla Al–Barokah Desa Rejosari .juga sangat memperhatikan dalam mengatasi kesulitan Anak membaca al-Quran upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bentuk kesulitan Anak dalam membaca al-Qur‟an di Musholla Al-Barokah Desa Rejosari, serta untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan anak dalam membaca al-Qur‟an dan bagaimana upaya guru TPQ dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca al-Qur‟an di Mushollah Al- Barokah Desa Rejosari. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui penggabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data danverifikasi. Dari hasil penelitian ini yang pertama kesulitan yang di alami pada anak dalam membaca al-Qur‟an sendiri yaitu pada pengeucapan huruf makhrajnya, ilmu tajwidnya dan hukum bacaan, kemudian untuk faktor yang menyebabakan kesulitan dalam membaca al-Qur‟an adalah faktor internal dan ekternal dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan baca al-qu‟an yaitu dengan cara memahami karakter anak, menyedikan waktu lebih bagi anak untuk mengenal al-qur‟an, menggunakan metode yang tepat untuk belajar al-Qur‟an,dan menciptakan tempat belajar yang relegius.
Kata Kunci : Kesulitan Membaca Al- Qur’an , Upaya Guru TPQ
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:56 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1216 |