Efektivitas Musholla Sebagai Sarana Pembelajaran Agama Islam Siswa SMP IT Al- Aziziah Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin

Sari, Novita (2023) Efektivitas Musholla Sebagai Sarana Pembelajaran Agama Islam Siswa SMP IT Al- Aziziah Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pendidikan Islam, masjid atau musholla merupakan salah satu
elemen yang tidak dapat dipisahkan. Masjid atau musholla menjadi tempat yang
tepat untuk membantu mengembangkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai
agama. SMP IT Al-Aziziah merupakan salah satu sekolah yang memanfaatkan
musholla untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Di mana kegiatan ini
dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa betapa pentingnya musholla
untuk mengembangkan diri mereka sesuai dengan nilai-nilai agama. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan musholla sebagai pusat
pembelajaran PAI di SMP IT Al-Aziziah, (2) mendeskripsikan metode
pembelajaran PAI di musholla SMP IT Al-Aziziah, (3) mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan musholla sebagai pusat
pembelajaran PAI di SMP IT Al-Aziziah. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam rangka memperoleh temuan yang
sesuai dengan fokus permasalahan, proses analisa dilakukan melalui tiga langkah,
yaitu: pertama mereduksi data untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan
memudahkan pengumpulan data, kedua penyajian paparan data untuk
meningkatkan pemahaman kasus dan sebagai acuan pengambilan tindakan, ketiga
penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian untuk menjawab fokus
penelitian berdasarkan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Proses pembelajaran PAI berlangsung di musholla sekolah, pembelajaran
diawali dengan pembiasaan-pembiasaan, seperti melaksanakan shalat dhuha dan
shalat dhuhur berjamaah, membaca surat pendek bersama-sama, dan menyetorkan
uang infaq. Kegiatan ekstrakulikuler keagamaan seperti tilawah, hadrah, dan

xi

pidato Agama Islam juga dilaksanakan di musholla. (2) Metode yang
dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu metode ceramah, diskusi,
demonstrasi, tanya jawab, latihan siap (drill), dan peta konsep (mind mapping).
(3) Faktor pendukung dalam pemanfaatan musholla yaitu siswa mendapatkan
lingkungan yang sesuai untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan sudah
tersedianya sarana atau alat-alat penunjang pembelajaran, faktor penghambatnya
yaitu kurangnya motivasi siswa yang berasal dari keluarga dan keterbatasan waktu
pembelajaran.

Kata kunci: Musholla, Pusat Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:19
Last Modified: 17 Oct 2024 06:58
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item
View Item