Sakinah, Sakinah (2023) Kebijakan Pemerintah terhadap Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah di Masa Covid-19 (Studi pada Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Jambi). Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Penyerahan skripsi sakinah - Saki Nah.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
UKM di Kota Jambi terbanyak beroperasi pada bidang usaha industri
pada komoditas yang berkaitan dengan produk ekonomi kreatif, baik industri
makanan maupun kerajinan (Handicraft). Pada saat munculnya covid-19
pemasaran produk UKM menjadi terkendala bahwa mereka terdampak serius
dengan adanya pandemi ini ditandai dengan 56% melaporkan terjadi penurunan
penjualan, 15% melapor permasalahan distribusi, dan 4% melapor kesulitan
mendapatkan bahan baku, sehingga butuh kebijakan pemerintah dalam
memasarkan produk UKM di masa covid-19. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan
informan didalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang informan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa kebijakan yaitu yang pertama
implementasi kebijakan Pemerintah Indonesia telah melaksanakan berbagai
program pemberdayaan UKM sebagai upaya untuk meningkatkan peran UKM
dalam perekonomian. Meningkatkan kapasitas SDM dan kemampuan teknologi,
mengembangkan usaha, dan memperluas jaringan pemasaran. Yang kedua kendala,
sebagai pelaku ekonomi UKM masih menghadapi kendala structural kondisional
secara internal, seperti struktur permodalan yang relative lemah dan juga terjadi
penurunan penjualan karena menurunnya aktivitas masyarakat di luar konsumen.
Yang ketiga upaya disnakerkop terhadap pemasaran produk usaha UKM setelah
covid-19 yaitu sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk menjalankan atau
sebagai penunjang bagi usaha batik untuk menghasilkan produk yang baik, dan juga
program yaitu pelatihan,bimbingan,bantuan yang diberikan oleh disnakerkop kota
jambi. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis kebijakan pemerintah terhadap
pemasaran produk UKM dengan menggunakan teori kebijakan pubik,pemasaran,
UKM dan UMKM, covid-19. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat bagi semua orang.
Kata Kunci : Peran Dinas UKM, UKM, Pemasaran, Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 01:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:57 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1212 |