Afdian, Rozen (2023) Penerapan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajarn bermuatan IPA kelas IV SDN 015/V Serdang Jaya. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada pelajran tematik bermuatan IPA. Ilmu pengatahuan alam hakikat merupakan ilmu pengtahuan tentang gejala alam yang dituagkan berupa fakta, konsep, dan hukum yang teruji kebenarannya dan melalui sesuatu rangkaian kegiatan dalam motede ilamiah, sehingga di butuhkan siswa untu berpikiri kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model tersebut bisa membuat berkembangnya keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui peningkatan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) Dengan menggunakan model Kemmis & Mc Tanggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, tes dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik bermuatan IPA melalui penerapan model pembelajan inkuiri terbimbing , diperoleh persentase ketuntasan kemampuan kerja sama siswa pra siklus dengan persentase 9,2 Siklus I 40 %dan siklus II 88%. Serta terjadinya peningkatan pada aktivitas guru dan siswa siklus I dengan persentase 63.75% siklus II 91% dan juga peningkatan Pre tes 9,2 %, Post test I 40% dan post test II 88%.
Kata Kunci : Berpiki Kritis, Pembelajaran Tematik Muatan IPA, Model Inkuiri Terbimbing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:16 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1202 |