Komunikasi Pemerintah Kota Jambi dalam Relokasi Pedagang Pasar Kito ke Pasar Rakyat Pasir Putih

Indah Sari, Lesi (2022) Komunikasi Pemerintah Kota Jambi dalam Relokasi Pedagang Pasar Kito ke Pasar Rakyat Pasir Putih. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of LESI INDAH SARI (1) - Lesy indah.pdf] Text
LESI INDAH SARI (1) - Lesy indah.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan sebuah penelitian yang mengkaji mengenai strategi
komunikasi yang dilakukan Pemerintah Kota Jambi dalam melaksanakan relokasi
Pasar Kito Ke Pasar Rakyat Pasir Putih Kota Jambi. Adapun Tujuan penelitian ini
adalah Untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Pemerintah Kota
Jambi dalam melaksanakan relokasi serta untuk mengetahui hasil dan evaluasi
yang dari strategi komunikasi yang dilaksanakan dalam upaya relokasi Pedagang
Pasar Kito ke Pasar Rakyat Pasir Putih. Pada penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan pengumpulan data observasi,
wawancara dan juga dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) strategi
komunikasi Pemerintah Kota Jambi di lakukan dengan tiga tahapan hingga
pelaksanaannya yakni: (a) Penelitian atau mencari permasalahan yang terjadi di
lokasi relokasi. (b) Penyusunan rencana strategi komunikasi atau planning. (c)
Pelaksanaan relokasi itu sendiri yang dilakukan berdasarkan rencana yang telah
disusun. 2) kemudian dari strategi komunikasi tersebut, hasil evaluasi yang
didaptkan yakni permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan tahapan
pertama telah berhasil dilakukan dengan menyelesaikan seluruh permasalahan
yang ada meskipun sempat terkendala oleh beberapa permasalahan yakni adanya
penolakan dari segelintir pedagang serta pemilik Pasar Kito. Namun hal tersebut
berhasil untuk diatasi dengan menjalankan strategi yang telah disusun dan dengan
tim komunikator yang memadai mereka dapat memberikan pengertian kepada
pedagang agar dengan sukarela untuk direlokasi ke Pasar Rakyat Pasir Putih.
Kemudian sebagai upaya meringankan bebean yang diterima oleh masyarakat
sebagai dampak relokasi yakni berupa penurunan omset penjualan, maka
pemerintah memberikan kebebasan retribusi selama 3 bulan sejak diresmikannya
Pasar Rakyat Pasir Putih tersebut. juga melakukan penertiban dan penutupan
Pasar Kito sehingga para pedagang tidak lagi terpecah dan pada akhirnya
pendapatan pedagang kembali normal.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Relokasi, Pasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Facultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@uinjambi.ac.id
Date Deposited: 21 May 2024 04:02
Last Modified: 21 May 2024 04:02
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item
View Item