Hasanah, Kunni Uswatun (2023) “Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tanjung Jabung Timur”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran aktif, inovatif, efektif,
kreatif, dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian yang digunakan peneliti
merupakan jenis penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan
tiga cara, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah
diperoleh selama proses penelitian direduksi untuk selanjutnya dapat disajikan dan
ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi model
pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di Madrash Tsanawiyah Negeri 4
Tanjung Jabung Timur dalam menyampaikan sub materi “Sholat Lima Waktu dan
Sholat Jum’at” menggunakan strategi diskusi. Dimana strategi ini mendorong
siswa aktif, baik ketika persentasi maupun ketika memberi pertanyaan. Guru
sudah menerapkan strategi ini dan ditambah dengan adanya penggunaan variasi.
Namun tetap banyak siswa yang mengobrol saat kelompok lain sedang
menjelaskan atau guru yang menjelaskan. (2) Kendala yang dihadapi guru seperti
kurangnya minat siswa dalam belajar, siswa yang pasif dan kurang merespon
guru, kurangnya sarana prasarana. (3) upaya guru dalam menghadapi kendala
yang dihadapi adalah dengan salah satunya dengan menggunakan ice breaking,
pujian, reaward, dan metode belajar yang bervariasi.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Aktif, Fiqih
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:53 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1190 |