Penerapan Konsep Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren

Rusmiati, Rusmiati (2022) Penerapan Konsep Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang membahas tentang
peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan konsep pembelajaran bruner
pada pembelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul
Yaqin simpang sungai duren kecamatan jambi luar kota kabupaten muaro jambi
provinsi jambi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dengan menerapkan konsep pembelajaran bruner pada materi keliling dan luas
bangun datar kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV B, sedangkan objek penelitian adalah penerapan
pembelajaran matematika dengan menerapkan konsep pembelajaran bruner.
Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi keliling dan
luas bangun datar dapat dilihat pada hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata yang
didapat siswa 65 dengan jumlah siswa yang berhasil 10 orang siswa (48%), yang
belum berhasil 11 orang siswa (52%). Pada siklus II mendapat peningkatan dengan
nilai rata-rata yang didapat siswa 75 dengan jumlah siswa yang berhasil 16 orang
siswa (76%), yang belum berhasil 5 orang siswa (24%). dan nilai tersebut sudah
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian dapat dilihat
bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas IV B pada pembelajaran matematika
materi keliling dan luas bangun datar di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin
simpang sungai duren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep
pembelajaran bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran matematika, Konsep pembelajaran bruner, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Date Deposited: 27 May 2024 03:02
Last Modified: 17 Oct 2024 04:16
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item
View Item