Indriyani, Erlina Neni (2023) “Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Tanjung Jabung Timur”. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar siswa dalam
penerapan model Inquiry Learning mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Tanjung Jabung
Timur. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
pendekatan deskriptif kualitatif. Rendahnya hasil belajar siswa terhadap
pelajaran yang diberikan guru di sekolah merupakan contoh bahwa
ketuntasan hasil belajar belum mencapai titik maksimal atau belum berhasil.
Hal ini menuntut adanya perubahan-perubahan pada guru terutama dalam
mengorganisasikan kelas, memilih metode mengajar yang tepat, strategi
belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola
proses belajar mengajar di dalam kelas.
Penerapan model Inquiry Learning mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9
Tanjung Jabung Timur efektif meningkatkan hasil belajar siswa karena
tercipta interaksi dan partisipasi aktif bukan satu arah, siswa mencari,
menemukan, menanya, menyimpulkan. kegiatan pembelajaran nya
menggunakan langkah-langkah sistematis metode Inquiry Learning yaitu
a) Merumuskan masalah, b) Mengajukan hipotesis, c) Mengumpulkan
data, d) Menguji hipotesis berdasarkan data yang dikumpulkan, f)
Membuat kesimpulan
Kata Kunci: Penerapan Model Inquiry Learning, Hasil Belajar Siswa,
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Dinda Arynomi Milenia Putri |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:13 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:38 |
URI: | https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1189 |