Penerapan Pembelajaran Practical Life Skill dalam Pembentukan Karakter Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Arifin Kota Jambi

Juhairiah, Juhairiah (2022) Penerapan Pembelajaran Practical Life Skill dalam Pembentukan Karakter Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Arifin Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of TESIS JUHAIRIAH_compressed - andijuhairiah ria.pdf] Text
TESIS JUHAIRIAH_compressed - andijuhairiah ria.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data yang sudah di peroleh peneliti pada pengamatan dapat
diketahui bahwa belum optimalnya pembelajaran practical lie skill yang
diajarkan guru disekolah. Guru belum mengajarkan sesuai dengan urutan
tema-tema pembelajaran practical life skilldan guru belum mengajarkan
tema-tema pembelajaran practical life skill secara keseluruhan.
Tujuan dari penelitian ini adalah yaitu (1) untuk menganlisis karakter apa
saja yang dibentuk dari pembelajaran practical life skill, (2) untuk
menganalisis bagaimana proses penerapan pembelajaran practical life skill,
(3) untuk menganalisis kendala yang menyebabkan kurangnya penerapan
pembelajaran practical life skill.Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas
di TK Darul Arifin Jambi.
Hasilpenelitianpertama, menunjukkan bahwapenerapan pembelajaran
practical life skill dapat membentuk karakter kemandirian, tanggung jawab
dan disiplin anak usia dini melalui metode pendekatan pembelajaran
practical life skill di Taman Kanak-kanak Darul Jambi hal ini di buktikan
dengan anak dapat membereskan mainan setelah bermain, menempatkan
sepatu pada tempatnya, menempatkan tas pada tempatnya dan
membersihkan makanan setelah makan. Kedua,proses penerapan
pembelajaran practical life skillyaitu dengan cara penentuan jadwal
pembelajaranpranctical life skill, tema-tema pembelajaran practical life skill,
rencana pelaksanaan pembelajaran practical life skill dan penilaian
pembelajaran practical life skill. Ketiga, kendala menyebabkan kurangnya
penerapan pembelajaran practical life skilltema-tema pembelajaran practical
life skil yang diajarkan tidak sistematis, dan impelementasi pembelajaran
practical life skill tidak sistematis.
Kata Kunci: practical life skill, karakter, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 May 2024 03:01
Last Modified: 27 May 2024 03:01
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item
View Item