―Implementasi Kegiatan Kolase Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Izzatul Islam Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi”

Mustanirah, Mustanirah (2023) ―Implementasi Kegiatan Kolase Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Izzatul Islam Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi”. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Tesis Mustanirah Watermark - Nira Mustanirah.pdf] Text
Tesis Mustanirah Watermark - Nira Mustanirah.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan
motorik halus pada anak usia dini kelompok B melalui kegiatan kolase di
Taman Kanak-Kanak Izzatul Islam Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro
Jambi, untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan kolase dama
mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini
kelompok B kolase di Taman Kanak-Kanak Izzatul Islam Desa Mendalo
Darat Kabupaten Muaro Jambi dan untuk mengetahui faktor pendukung
dan faktor penghambat implementasi kegiatan kolase dalam
mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini
kelompok B kolase di Taman Kanak-Kanak Izzatul Islam Desa Mendalo
Darat Kabupaten Muaro Jambi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif
deskriptif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan model Miles dan Huberman. Dan teknik keabsahan
data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian yaitu: pertama, perkembangan motorik halus anak
usia dini dapat berkembang dengan baik karena dilakukan dengan rutin
yaitu 2 kali dalam 1 bulan, hal ini dilihat dari anakl anak mampu
melakukan indikatorl perkembangan motorikl halus sepertil menggunakanl
jari-jemarinyal dengan lbaik, mampu menirul bentuk kolasel dengan lbaik,
mampu mengguntingl/merobek denganl baik, mampul meratakan leml
pada lmedia, mampu menempell bahan-bahanl kolase padal media
denganl padat danl rapi, sertal mampu bereksplorasil dengan berbagail
macam bahanl dan medial untuk membuatl kolase. Kedua, dalam
melaksanakan kegiatan kolase ini guru melakukannya sesuai dengan
langkah-langkah yang tertera pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Harian (RPPH) dan yang Ketiga yaitu faktor pendukung dalam
pelaksanaan kegiatan kolase yaitu kelengkapan sarana dan prasarana
termasuk alat dan bahan, keadaan guru, siswa dan imajinasi anak,
sedangkan faktor penghambatnya adalah suasanan hati anak.
Kesimpulannya adalah semakin berkompetennya guru dan semakin
seringnya implementasi kegiatan kolase ini maka motorik halus anak akan
semakin berkembang sehingga anak memiliki kesiapan memasuki
pendidikan yang lebih lanjut.
Kata Kunci: Kegiatan Kolase, Perkembangan Motorik Halus Anak

Usia Dini Kelompok B

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:50
Last Modified: 01 Jul 2024 01:50
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item
View Item