“Penerapan Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kreatif Siswa Kelas II B di MIN 4 Muaro Jambi”

Mukarohma, Mukarohma (2022) “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kreatif Siswa Kelas II B di MIN 4 Muaro Jambi”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik melalui penerapan pembelajaran kooperatif mind
mapping untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III B Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III B
diMadrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambidengan jumlah siswa 17 siswa. Penelitian ini
menggunakan model Kurt Lewint, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik
wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan pembelajaran kooperatif mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam pembelajaran tematik.Pada siklus I aktivitas guru dan siswa sebesar 53.33
% dan meningkat pada siklus II sebesar 26.67 % menjadi 75 %. Sedangkan kemampuan
berpikir kreatif siswa dapat dilihat dari evaluasi siklus I dan siklus II, dengan nilai kemampuan
berpikir kreatif siswa pada siklus I sebasar 64.70 % dan meningkat pada siklus II sebesar
23.53 % menjadi 88.23 %. Peningkatan indikator tertinggi terjadi pada indikator kelancaran.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran
tematik dapat meningkat melalui penerapan pembelajaran kooperatif mind mapping.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Mind Mapping, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 May 2024 02:45
Last Modified: 17 Oct 2024 04:15
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item
View Item