“Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Alam Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo”

Kurniasari, Anita (2022) “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pengelolaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Alam Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo”. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Anita Kurniasari MPI 801192045 Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pengelolaan Pembelajaran di TK Alam Muara Bungo - Anita Kurniasari.pdf] Text
Anita Kurniasari MPI 801192045 Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pengelolaan Pembelajaran di TK Alam Muara Bungo - Anita Kurniasari.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik
guru dalam pengelolaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Alam
Muara Bungo. Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma
keilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam khususnya kajian
kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di pendidikan anak
usia dini.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang
dilakukan di Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara obseravsi, wawancara dan

dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Taman Kanak-
kanak Alam Muara Bungo yang berjumlah lima orang guru kelas, satu

orang koordinator sekolah alam student scout (SASS) dan kepala Taman
Kanak-kanak Alam Muara Bungo. Temuan hasil penelitian dianalisis
dengan mengkombinasikan teknik model Miles and Huberman dan
Creswell. Hasil penelitian dikatakan sahih jika data tersebut memenuhi
syarat keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability),
kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability).
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil yaitu 1)
keterampilan mengajar guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo
belum optimal seperti pembelajaran yang dilaksanakan belum
sepenuhnya berpusat pada peserta didik, pengembangan enam aspek
perkembangan belum tercapai secara optimal, media pembelajaran belum
memenuhi syarat ideal, metode pembelajaran yang digunakan belum
merujuk pada Taman Kanak-kanak berbasis alam secara keseluruhan dan
strategi pembelajaran belum terlaksana secara optimal. 2) Observasi
proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-kanak
Alam Muara Bungo belum dapat dikategorisasikan baik karena guru belum
melaksanakan penilaian sesuai dengan pendekatan autentik. Penilaian
juga belum sesuai dengan prinsip dan teknik penilaian. 3) Pengetahuan
teoritis guru Taman Kanak-kanak Alam Muara Bungo tentang pengajaran
dan pembelajaran anak usia dini belum optimal karena empat dari enam
guru belum memenuhi syarat kualifikasi pendidikan guru pendidikan anak
usia dini. 4) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru Taman
Kanak-kanak Alam Muara Bungo belum dilaksanakan secara baik karena
guru belum menyediakan RPPH di kelas. Guru belum pernah melakukan
PTK. 5) Kendala kompetensi pedagogik guru Taman Kanak-kanak Alam
Muara Bungo dalam pengelolaan pembelajaran yaitu kualifikasi
pendidikan guru belum linier, pengalaman mengajar guru belum optimal,
guru belum pernah melakukan penelitian tindakan kelas. 6) Upaya
peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pengelolaan
pembelajaran yaitu 1) pembinaan, 2) pendidikan dan pelatihan dan 3)
rekrutmen guru.
Kata kunci: kompetensi, pedagogik, pengelolaan, pembelajaran AUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:04
Last Modified: 27 Jun 2024 04:04
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item
View Item