“Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa KSU Surya Muhammadiyah Desa Pematang Kolim”.

Octaviandini, Richa Luthfiatun Nisa’ (2023) “Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa KSU Surya Muhammadiyah Desa Pematang Kolim”. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of RICHA LUTHFIATUN NISA' OCTAVIANDINI 502180048 PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA KSU SURYA MUHAMMADIYAH - Richa Lnv.pdf] Text
RICHA LUTHFIATUN NISA' OCTAVIANDINI 502180048 PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN JASA KSU SURYA MUHAMMADIYAH - Richa Lnv.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa KSU Surya Muhammadiyah Desa Pematang Kolim”. Hadirnya organisasi seperti lembaga keuangan Islam yang membantu mensejahterakan masyarakat sesuai dengan fungsinya yaitu menyimpan uang dan memberikan bantuan pinjaman untuk modal usaha dan konsumsi. Jenis LKM ada berbagai macam bentuk, salah satunya adalah koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa KSU Surya Muhammadiyah baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan 50
sampel yang diambil dengan metode purposive sampling dari populasi konsumen
KSU Surya Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara,
observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan pengujian terhadap
kuesioner dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan keakuratan
kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis meliputi uji
regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa KSU Surya Muhammadiyah, dengan nilai t hitung sebesar 2,254 sedangkan t tabel sebesar 2,012 atau t hitung >
t tabel dan tingkat signifikansi 0,026 < 0,05. (2) Faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa KSU Surya Muhammadiyah, dengan nilai t hitung sebesar 3,093 sedangkan t tabel sebesar 2,012 atau t hitung > t tabel dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05. (3) Faktor sosial dan pribadi secara
simultan berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa KSU
Surya Muhammadiyah. Dimana nilai sig 0,000 < 0,005 dan F hitung 79,385 > F
tabel 3,20. Dapat disimpulkan dari hasil uji tersebut, yaitu: (1) H1 diterima dan H0 ditolak, (2) H2 diterima dan H0 ditolak, (3) H3 diterima dan H0 ditolak. Apabila jumlah konsumen mengalami penurunan, hendaklah perlu diperhatikan faktor- faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat konsumen dalam memilih pembiayaaan di KSU Surya Muhammadiyah Desa Pematang Kolim
Kata Kunci: Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Keputusan Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:56
Last Modified: 27 Jun 2024 03:56
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item
View Item