The Effect of Animation Series Towards Speaking Skill at Eleventh Grade Students in MA Perguruan Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal

Br Hutagalung, Putri Aulia (2023) The Effect of Animation Series Towards Speaking Skill at Eleventh Grade Students in MA Perguruan Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[thumbnail of Burning (1)_compressed - Putri Aulia Br Hutagalung.pdf] Text
Burning (1)_compressed - Putri Aulia Br Hutagalung.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan efek signifikan dan
perbedaan dalam menggunakan seri animasi pada kemampuan berbicara bahasa
inggris siswa kelas XI MA PHI Kuala Tungkal. Peneliti menerapkan metode
kuantitatif –quasi experiment dengan non-ekuivalen (pre-test dan post-test) desain
grup Peneliti menggunakan dua kelas ; kelas XIA sebagai kelas eksperimen yang
menggunakan seri animasi dalam belajar, dan kelas XI B sebagai kelas kontrol yang
belajar dengan metode tradisional. Peneliti menerapkan total samplingyang
menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini
diambil menggunakn instrumen dalam bentuk speaking test, yang diberikan pada
awal dan akhir penelitian. Dalam menganalisis data, peneliti menerpkan paired
sample t-test untuk menemukan perbedaan antara performa siswa dalam
speakingsebelum dan sesudah treatmen. Peneliti menganalisis perbedaan performa
siswa antar kelas experimen dan kelas kontrol menggunakan independent sample
ttest. Hasil dari paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai 2-tailed sig adalah
0.01 < 0.05. hasil ini membuktikan bahwa seri animasi efektif digunakan sebagai
media belajar. Hasil dari independent sample t-test menunjukkan bahwa sig2 tailed
adalah 0.001 < 0.05, yang berarti adanya perbedaan antara siswa yang belajar
menggunakan seri animasi, dan siswa yang belajar dengan metode tradisional.
Kesimpulannya adalah, seri animasi dapat memberikan efek signifikan terhadap
kemampuan berbicara bahasa inggris siswa, serta. Dalam hal lain, penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kemampuan berbicara siswa yang
belajar menggunakan seri animasi, dan siswa yang tidak menggunakan seri animasi
dalam speaking skill.
Kata kunci: animation series, speaking skill, kelas XI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Dinda Arynomi Milenia Putri
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:25
Last Modified: 27 Jun 2024 03:26
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item
View Item